logo

Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Semarang

Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat ALLAH SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama Semarang bisa mewujudkan cita-citanya untuk launching Website Resmi Pengadilan Agama Semarang dengan alamat www.pa-semarang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan. serta memberikan informasi kepada para pencari keadilan

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang Klas I.A

Pengadilan Agama Klas I.A Semarang berharap setelah diluncurkan website ini, dapat bermanfaat buat para pencari keadilan, untuk melihat profil Pengadilan Agama Klas I.A Semarang

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia

Agar Masyarakat Pencari Keadilan dapat Mengawasi secara langsung pejabat mahkamah agung beserta jajaranya yang di bawah naungan Mahkamah Agung RI, serta terbukanya akses bagi masyarakat kecil untuk mendapatkan keadilan di Pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

jadwal sidang

 

 

 

 

 

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

 

sipp

 

 

 

 

 

 

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

biaya perkara

 

 

 

 

 

 

 

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Siwas

 

 

 

 

 

 

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e court

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

delegasi 3Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan/Pemberitahuan Antar Pengadilan.

 

   201 kiri

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

Jadwal Sidang

okefix 01

        Semarang, 21 Mei 2019 Pengadilan Agama Semarang resmi melantik 12 Calon Hakim menjadi PNS. Proses pelantikan dibuka dengan kirab menuju ruang pelantikan Pengadilan Agama Semarang dengan iringan rebana dari salah satu Pondok Pesantren di Semarang. Kemudian dilanjutkan dengan prosesi Pelantikan  Calon Hakim menjadi Pegawai Negeri Sipil/Calon Hakim. dan pengambilan sumpah sebagai PNS dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Semarang, Drs. H. Anis Fuadz, S.H. Acara berlangsung dengan hikmat serta dihadiri oleh seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Semarang.

Acara dilanjutkan dengan pelepasan para hakim yang akan mutsi/promosi ketempat kerja yang baru yaitu :

  1. Wakil ketua yaitu, Drs. H. Tarsi, S.H., M.H.I., promosi menjadi Hakim Tinggi Pengadilan Tinggi Agama Palu,
  2. H. Ahmad Adib, S.H., M.H., mutasi menjadi hakim Pengadilan Agama Kebumen.
  3. H. Mashudi, M.H, mutasimenjadi hakim Pengadilan Agama Malang.
  4. Nurhafizal, S.H., M.H., mutasi menjadi hakim Pengadilan Agama Jakarta Barat,
  5. H. M. Rizal, S.H., M.H., yang mutasi menjadi hakim Pengadilan Agama Tangerang.

       Pelepasan diawali dengan menyanyikan lagu perpisahan oleh pegawai Pengadilan Agama Semarang  yang dipandu oleh Drs. H. Yusuf, S.H., M.H. Kemudian, wakil ketua dan hakim-hakim yang pindah tugas menyampaikan pesan dan kesan serta ucapan terimakasih atas kerjasama yang  terjalin dengan baik selama mengemban tugas di Pengadilan Agama Semarang. Acara ditutup oleh Ketua Pengadilan Agama Semarang yang memberikan ucapan selamat dan sukses kepada Calon Hakim yang resmi dilantik serta wakil ketua dan hakim-hakim yang berpindah tugas.    By Neny

 

1         Deklarasi Pencanangan Zona Integritas oleh Pengadilan Agama Semarang telah berlangsung pada hari Jum’at tanggal 25 Januari 2019 lalu. Untuk mengetahui seberapa jauh Pengadilan Agama Semarang dalam menerapkan Pembangunan Zona Integritas, diselenggarakanlah evaluasi terhadap dokumen-dokumen Zona Integritas yang telah disusun oleh Tim ZI Pengadilan Agama Semarang. Evaluasi dilakukan oleh TPI (Tim Penilaian Internal) dari Badan Pengawas Mahkamah Agung RI pada hari Kamis – Jumat tanggal 9 s.d. 10 Mei 2019 bertempat di Aula Pengadilan Agama Semarang.

Evaluasi dilakukan oleh Tim Penilaian Internal dari Badan Pengawas Mahkamah Agung RI pada hari Kamis pukul 11.00 WIB dan berakhir pada hari Jum’at pukul 14.30 WIB, yang beranggotakan :

  1. Samsudin, S.H., M.Hum (Ketua)
  2. Radityo Baskoro, S.H., M.Kn. (Anggota)
  3. Mulia Karyadi, S.T., M.M. (Sekretaris)
  4. Rizky Setyo Pambudi, S.Kom. (Staf Pelaksana)        

Proses daripada evaluasi dokumen-dokumen ZI dilakukan secara urut, dengan pemapar dari masing-masing Ketua Area Pengungkit, yakni:

  1. Manajemen Perubahan, (Ketua Drs. Nurhafizal, S.H., M.H.)
  2. Penataan Tatalaksana, (Ketua Tohir, S.H., M.H.)

Penataan Manajemen SDM, (Ketua Hj. Laila Istiadah, S.Ag.)

  1. Penguatan Akuntabilitas Kinerja, (Ketua H. Mubahi, S.H.)
  2. Peningkatan Pengawasan, (Ketua Drs. Wachid Yunarto, S.H.)
  3. Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik, (Ketua Drs. H. Mashudi, M.H.)

            Setelah evaluasi selesai, Tim Penilaian Internal langsung membuat Berita Acara Evaluasi Pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Pada Pengadilan Agama Semarang dengan capaian nilai 89,84 %.

 

 2  3
 4  5

5

5

1          Koperasi Pegawai Pengadilan Agama Semarang (KOPPAS) menyelenggarakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2018 pada hari Kamis tanggal 02 Mei 2019 pukul 14.00 WIB di Aula Pengadilan Agama Semarang yang dihadiri oleh anggota KOPPAS.

        Setelah pembukaan acara dilanjut dengan sambutan dari Ketua Koperasi Pegawai Pengadilan Agama Semarang (KOPPAS) yakni, Drs. Nurhafizal, S.H., M.H., dalam sambutan tersebut beliau mengucapkan terimakasih atas partisipasi dari anggota KOPPAS yang telah hadir untuk mensukseskan RAT Tutup Buku Tahun 2018 ini. Dalam sambutan yang kedua oleh Ketua Pengadilan Agama Semarang, Drs. H. Anis Fuadz, S.H., selaku Pembina KOPPAS, beliau menyampaikan semoga RAT KOPPAS Tutup Buku Tahun 2018 ini berjalan dengan lancar dan menghasilkan manfaat bagi kita semua kedepan, harapannya semoga jauh lebih baik lagi dan semoga pengurus yang akan datang bisa mengemban amanah dengan bijaksana.

          Selepas sambutan dilanjut dengan acara inti pertanggung jawaban pengurus koperasi tahun 2018 yang dipimpin oleh  Drs. M. Rizal, S.H., M.H. laporan pertanggung jawaban berjalan dengan lancar dan disetujui oleh anggota koperasi yang hadir. dalam sesi tersebut juga ditetapkan perubahan maksimal jangka waktu peminjaman dan mengadakan pemilihan ketua KOPPAS antar waktu yang diselenggarakan saat itu juga dan terpilihlah nama Drs. Wachid Yunarto, S.H., sebagai pengganti Drs. Nurhafizal, S.H., M.H. Acara ditutup dengan pengundian door prize.

 

 2  3
 4  5

5

5

5

 

1         Pada hari Jumat, 26 April 2019 , pukul 13:00 WIB di ruang Aula. Pengadilan Agama Semarang diadakan acara yang sangat khidmat dan mengharukan bagi semua keluarga Pengadilan Agama Semarang, karena terdapat dua orang hakim yang sudah purna tugas (Pensiun) yakni Bapak Drs. H. Zainal Arifin, S.H. dan Bapak Drs. H. Rifa’i, S.H., M.HES. 

      Acara ini digelar sebagai bentuk apresiasi penghormatan dan penghargaan atas pengabdian sebagai Hakim Pengadilan Agama Semarang. Acara wisuda purna bhakti ini dihadiri Ketua, Wakil Ketua, para Hakim, pejabat Fungsional, struktural beserta isteri / suami, serta honorer/tenaga pengabdian Pengadilan Agama Semarang dan tamu undangan.

        Acara Wisuda Purna Bhakti diawali dengan kirab wisudawan yang didampingi ketua, Wakil ketua beserta seluruh hakim dengan diiringi lagu “BAGIMU NEGERI” memasuki ruangan wisuda, Ketua, Prosesi wisuda purna bhakti hakim Pengadilan Agama Semarang ditandai dengan Pelepasan lencana dan Toga hakim yang purna oleh Drs, H.Anis Fuadz, S.H., selaku Ketua Pengadilan Agama Semarang.  

     Dalam sambutannya baik H. Zainal Arifin maupun H. Rifaì sama-sama mengucapkan terima kasih dan permohonan maaf kepada seluruh pegawai Pengadilan Agama Semarang dan bersyukur dapat melewati purna tugas di Pengadilan Agama Semarang dengan husnul hotimah.

         Demikian juga H. Anis Fuadz dalam sambutannya sebagai Ketua Pengadilan Agama Semarang mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beliau berdua atas kontribusinya selama ini baik fikiran maupun tenaga dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dan tak lupa untuk tetap menjaga jalinan silaturrohim dengan teman-teman Pengadilan Agama Semarang.

     Pada sesi acara terakhir seluruh pegawai Pengadilan Agama Semarang dengan diiringi sholawat dan rebana menghantar beliau berdua sampai mobil masing-masing dan mendoakan semoga selamat sampai rumah masing-masing.    By ans

 

 2  3
 4  5

 

2 Menindak lanjuti surat Kepala Kantor Perbendaharaan provinsi Jawa Tengah nomor : S-1038/WPB.14/PB.0301/2019 tanggal 10 April 2019, Bertempat di Kantor Dirjen Perbendaharaan Jawa Tengah lantai 3 ruang Profesional Jl. Pemuda No 2 Semarang,  pada tanggal  16 April 2019 Pengadilan Agama Semarang  bersama  20 satker yang berada di wilayah Pengadilan Tinggi Agama Semarang, menghadiri acara yang bertajuk workshop Akuntansi penyusunan Laporan Keuangan, acara ini di inisiasi oleh DJPB Semarang  bekerja sama dengan Pengadilan Agama Semarang selaku Korwil 04.

Acara yang dimulai pukul 09.00. WIB dengan pemateri Ibu Juni Setyawati dan dilanjutkan Mukti Indah Lestari kedua-duanya dari DJPB Jawa Tengah, beliau berdua menjelaskan tentang trik-trik penyusunan laporan keuangan yang baik, benar, akuntabel dan dapat dipahami oleh yang membaca meskipun bukan akuntan.

Pada sesi terakhir pemateri membedah Laporan keuangan salah satu satker, kemudian membedah transaksi keuangannya  dan ternyata masih ada beberapa komponen dalam pelaporan yang perlu penjelasan didalam CALKnya dan perbaikan kedepannya. Kemudian  beliau juga menyampaikan tidak kalah pentingnya adalah pembuatan perencanaan yang matang dalam kesesuaian Akun  akan mempermudah dalam pelaporan.  By cya 

1

 

3

 

4

 

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

 

Justice For All, Pelayanan Prima Putusan Berkualitas


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Semarang Kelas I.A

location icon 1 Jl. Uripsumoharjo No. 5 Semarang

location icon Kota Semarang - Jawa Tengah

phone icon Telp: (024) 7606741

Fax icon Fax: (024) 7622887

Communication email blue icon Email : pasmg6@gmail.com

Peta Lokasi