logo

 

 

Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Semarang

Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat ALLAH SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama Semarang bisa mewujudkan cita-citanya untuk launching Website Resmi Pengadilan Agama Semarang dengan alamat www.pa-semarang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan. serta memberikan informasi kepada para pencari keadilan

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang Klas I.A

Pengadilan Agama Klas I.A Semarang berharap setelah diluncurkan website ini, dapat bermanfaat buat para pencari keadilan, untuk melihat profil Pengadilan Agama Klas I.A Semarang

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia

Agar Masyarakat Pencari Keadilan dapat Mengawasi secara langsung pejabat mahkamah agung beserta jajaranya yang di bawah naungan Mahkamah Agung RI, serta terbukanya akses bagi masyarakat kecil untuk mendapatkan keadilan di Pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

jadwal sidang

 

 

 

 

 

 

Pengadilan Agama memberikan kemudahan akses informasi jadwal sidang untuk para pihak yang sedang berperkara.

 

sipp

 

 

 

 

 

 

 

Melalui Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), anda akan mengetahui tahapan, status dan riwayat perkara.

biaya perkara

 

 

 

 

 

 

 

Estimasi panjar biaya yang dibayar oleh pihak yang berperkara dalam proses penyelesaian suatu perkara.

Siwas

 

 

 

 

 

 

 

SIWAS adalah aplikasi pengaduan yang disediakan oleh Badan Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia.

e court

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Pendaftaran Perkara, Taksiran Panjar Biaya Perkara, Pembayaran dan Pemanggilan yang dilakukan Secara Online.

delegasi 3Informasi Panggilan Delegasi, Bantuan Panggilan/Pemberitahuan Antar Pengadilan.

 

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

AnalysisTelusuri serta awasi jalannya proses penyelesaian perkara anda 

Jadwal Sidang

 

Sabtu pagi tepatnya pukul 07.00 WIB tanggal 17 Agustus 2019, Pengadilan Agama Semarang turut serta memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-74 tahun dilaksanakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 tahun. Upacara tahun ini dilaksanakan di halaman Pengadilan Agama Semarang Kelas I A dengan diikuti oleh Pimpinan, Hakim, Pejabat Sruktural dan Fungsional, Hakim Magang, serta Tenaga Honorer. 

Upacara dipimpin langsung oleh Drs. H. Ma’mun dikarenakan Ketua Pengadilan Agama Semarang Kelas I A, Drs. H. Anis Fuadz, S.H., menghadiri Upacara Bendera di Balai Kota Semarang.

            Dalam momentum upacara tersebut, diberikan pula tanda penghargaan bagi beberapa hakim dan pegawai Pengadilan Agama Semarang Kelas I A, yakni:

  1. H. Syukur, M.H. menerima Piagam Satyalancana Karya Satya XX Tahun;
  2. Tazkiyaturrobihah, S.Ag. M.H. menerima Piagam Satyalancana Karya Satya XX Tahun; dan
  3. Nur Suryani Siwi, S.Ag. menerima Piagam Satyalancana Karya Satya XX Tahun.

 

(By N/19)

 

       

       Memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-74, Pengadilan Agama Klas I.A Semarang mengadakan jalan sehat dan perlombaan untuk memeriahkan hari bersejarah tersebut. Kegiatan dilangsungkan hari Jum’at tanggal 16 Agustus 2019, diawali dengan jalan sehat dan sebelum perlombaan dimulai, dilakukan tradisi pemotongan tumpeng oleh Ketua Pengadilan Agama Klas I.A Semarang, Drs. H. Anis Fuadz, S.H., sebagai wujud syukur atas kemerdekaan RI yang telah mencapai tahun ke 74.

        Perayaan HUT RI di lingkup Pengadilan Agama Klas I.A Semarang semakin meriah dan menarik dikarenakan ada pembagian Door prize dari Bank Rakyat Indonesia (BRI) cabang Pandanaran Semarang. Acara diadakan di ruang tunggu sidang Pengadilan Agama Klas I.A Semarang dihadiri oleh Pimpinan, Hakim, Pejabat Struktural dan Fungsional, pegawai, honorer serta Calon Hakim Magang Pengadilan Agama Klas I.A Semarang, turut pula dimeriahkan oleh mahasiswa PPL dari Prodi Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyyah) Jurusan Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang.

       Drs. H. Anis Fuadz, S.H. dalam sambutan pembukaannya menyampaikan bahwa acara perlombaan ini dimaksudkan untuk ikut serta merayakan kemerdekaan Indonesia. Beliau berharap dengan dilangsungkannya perlombaan tersebut dapat meningkatkan kecintaan kita kepada Negara serta terus mempererat tali silaturahmi seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Klas I.A Semarang. Dan beliau juga mengucapkan selamat bertanding untuk seluruh keluarga besar Pengadilan Agama Klas I.A Semarang dan berlombalah dengan sportif.

Adapun perlombaan yang dilombakan antara lain adalah :

Tarik Tambang

Tahan Balon

    

Selama berlangsungnya perlombaan dipenuhi dengan keseruan dan kelucuan sehingga menimbulkan keceriaan serta kebahagiaan di seluruh wajah para peserta, panitia dan penonton. Semoga dengan acara yang telah dilangsungkan ini semakin mempererat tali silaturahmi, rasa tolong menolong, dan kerjasama untuk Pengadilan Agama Klas I.A Semarang yang lebih maju lagi. Dirgahayu Republik Indonesia ke-74. By. ds

      1Selasa tanggal 23 Juli 2019, Ketua Pengadilan Agama Semarang, Drs. H. Anis Fuadz, S.H., bersama Fenia Ariasti, S.E., M.H., selaku Kasubbag Umum dan Keuangan menghadiri acara Forum Pimpinan Wilayah Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Anggaran sebagaimana Surat dari Kepala Kantor Perbendaharaan Provinsi Jawa Tengah Nomor : S-2239/WPB.14/BD.0101/2019 tanggal 16 Juli 2019. Acara tersebut dilaksanakan di Aula Lantai IV Gedung Keuangan Negara Semarang I, Jalan Pemuda Nomor 2 Semarang tepat pukul 08.30 WIB.

      Dengan mengusung tema, Dedikasi Bersama Peningkatan Kinerja Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Anggaran untuk Percepatan Pertumbuhan Ekonomi Jawa Tengah, dalam acara tersebut turut me-launching implementasi Kartu Kredit Pemerintah dan pemberian penghargaan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaan Terbaik Tahun 2019 dan Penyusunan Laporan Keuangan Tingkat UAPPA-W Terbaik Tahun 2018. Pengadilan Agama Semarang selaku Korwil DIPA 04 Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah meraih Sertikat Penghargaan sebagai “UAPPA-W Terbaik Kedua Kategori Besar Penyusunan, Penyajian dan Penyampaian Laporan Keuangan Tahun 2018 di Wilayah Provinsi Jawa Tengah”, yang mana Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Regina Maria Wiwieng Handayaningsih, S.H., kepada Drs. H. Anis Fuadz, S.H. Harapan ke depan semoga Pengadilan Agama Semarang bisa mempertahankan predikat tersebut dan selalu berbenah agar ke depan semakin baik lagi. By ds

      Sesuai Surat dari Pengadilan Tinggi Agama Semarang Nomor : W11-A/2493/KU.00/VII/2019 perihal Pelaksanaan Rekonsiliasi SIMAK SAIBA Semester I Tahun 2019 dan permintaan data RKBMN Tahun 2021, Pengadilan Agama Semarang selaku korwil DIPA 04 turut ikut serta dalam pengambilan data Rekonsiliasi SIMAK SAIBA DIPA 04 Pengadilan Agama Se-Jawa Tengah. Dari korwil DIPA 04 dilaksanakan oleh Wifkil Hana, S.H., M.E. dan Fenia Ariasti, S.E., M.H.

       Acara diselenggarakan di Hotel Grasia Semarang, dari hari Senin sampai Kamis tanggal 8 – 11 Juli 2019. Acara tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Bagian Umum dan Keuangan, Suparijanto Sigit, S.H., M.M., yang menggantikan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Abdul Mutalip, S.Ag., S.H. yang berhalangan hadir dikarenakan menghadiri acara Rapat Dinas di Pengadilan Tinggi Jawa Tengah.

       Harapan dari Korwil Dipa 01 (PTA Semarang) dan Korwil Dipa 04 (PA Semarang) yakni semoga setelah satker mengikuti kegiatan Rekonsiliasi Semester I Tahun 2019 ini mampu menyusun laporan keuangan secara rinci, efisien, akuntabel, dan valid serta mampu meraih WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). By. ds

 

       Pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2019, bertempat di ruang tunggu sidang Pengadilan Agama Semarang berlangsung acara pelantikan Wakil Ketua dan Hakim yang baru mendapatkan mutasi ke PA Semarang. Acara tersebut dimulai pukul 08.00 WIB, dan dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Semarang Drs. H. Anis Fuadz, S.H. Acara pelantikan dihadiri oleh seluruh pegawai/karyawan Pengadilan Agama Semarang beserta keluarga, serta tamu undangan.

 

 

 

Hakim yang dilantik di Pengadilan Agama Semarang adalah :

  1. Muhamad Camuda,M.H., sebagai Wakil Ketua Pengadilan Agama Semarang yang sebelumnya sebagai Wakil Ketua PA Denpasar
  2. H. Agus Purwanto,M.H., sebagai Hakim di Pengadilan Agama Semarang yang sebelumnya sebagai Hakim PA Pontianak
  3. H. Munadi,M.H., sebagai Hakim di Pengadilan Agama Semarang yang sebelumya sebagai Hakim PA Jakarta Pusat

        Setelah Acara pelantikan selesai kemudian para hakim yang dilantik diberikan kesempatan untuk memperkenalkan diri secara bergantian yang dimulai oleh Drs. Muhamad Camuda, M.H., Drs. H. Agus Purwanto, M.H. dan Drs. H. Munadi, M.H. Ketua Pengadilan Agama Semarang dalam sambutannya berharap kepada hakim yang baru segera beradaptasi dengan pola kerja dan lingkungan Pengadilan Agama Semarang serta kepada wakil ketua yang baru untuk mengawal program Zona Integritas yang sudah dijalankan oleh Pengadilan Agama Semarang sambil menunggu penilaian external karena penilaian internal telah dilakukan oleh Bawas MA RI dengan nilai 89.  

       Kemudian acara dilanjutkan dengan Halal Bihalal keluarga besar Pengadilan Agama Semarang dengan menghadirkan daì KH. Supandi dari Semarang dalam tusiahnya beliau berpesan untuk tetap menjaga spirit idul fitri (kembali fitroh/suci) dalam menjalankan tugas keseharian untuk meminimaliir kesalahan.  Terakhir acara ditutup dengan ramah tamah  dan ucapan selamat kepada para hakim yang baru dilantik.   By tyqa

 

APLIKASI - APLIKASI  PENDUKUNG

   

   

 

 

Justice For All, Pelayanan Prima Putusan Berkualitas


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Semarang Kelas I.A

location icon 1 Jl. Uripsumoharjo No. 5 Semarang

location icon Kota Semarang - Jawa Tengah

phone icon Telp: (024) 7606741

Fax icon Fax: (024) 7622887

Communication email blue icon Email : pasmg6@gmail.com

Peta Lokasi