logo

 

 

Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Semarang

Puji syukur kita panjatkan kehadirat kehadirat ALLAH SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama Semarang bisa mewujudkan cita-citanya untuk launching Website Resmi Pengadilan Agama Semarang dengan alamat www.pa-semarang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan. serta memberikan informasi kepada para pencari keadilan

Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang Klas I.A

Pengadilan Agama Klas I.A Semarang berharap setelah diluncurkan website ini, dapat bermanfaat buat para pencari keadilan, untuk melihat profil Pengadilan Agama Klas I.A Semarang

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan Mahkamah Agung Republik Indonesia

Agar Masyarakat Pencari Keadilan dapat Mengawasi secara langsung pejabat mahkamah agung beserta jajaranya yang di bawah naungan Mahkamah Agung RI, serta terbukanya akses bagi masyarakat kecil untuk mendapatkan keadilan di Pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

Pesan TUAKA (Ketua Kamar Agama)

HATI - HATI MERUMUSKAN AMAR PUTUSAN

“Pada saat membuat putusan, seorang hakim harus membuat pertimbangan secara utuh dan matang dan berpikir apakah pada saatnya nanti bisa dilaksanakan (dieksekusi) atau tidak”. Demikian pengasan Ketua Kamar Agama Mahkamah Agung RI, Dr. Drs. H. Amran Suadi, SH. M.Hum. MM, ketika memberikan pembinaan kepada para ketua, wakil ketua dan para hakim tinggi Pengadilan Tinggi Agama Jawa Tengah, ketua, wakil ketua dan para hakim dalam koordinator wilayah Semarang, Surakarta, Pati dan Banyumas, bertempat di Pengadilan Agama Semarang, pada Hari Kamis malam 26 September 2019.

Beliau menyampaikan pesan “wanti-wanti” karena beliau sering mendapati putusan yang tidak bisa dieksekusi disebabkan rumusan amarnya salah atau kurang lengkap.  Misalnya, jika hakim memerintahkan para pihak untuk membagi warisan kepada para ahli waris yang terbukti dasar kepemilikannya adalah sebuah sertifikat, maka harus sampai pada perintah untuk memecah sertifikat tersebut, bahkan sampai pada perintah untuk menjual lelang terhadap obyek sengketa jika tidak bisa dibagi secara in natura.  Apabila para pihak tidak puas dan melakukan upaya hukum banding dan hakim banding mendapati kesalahan berupa kekurangan hakim tingkat pertama dalam memeriksa bukti/fakta, hakim banding dapat memerintahkan hakim tingkat pertama untuk memeriksa ulang dengan putusan sela.  Jika amar salah hakim banding bisa memperbaiki amar. Beliau juga mengingatkan agar eksekusi dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Setiap tahapan harus ada penetapan.

Selain pembinaan teknis, beliau juga mengingatkan sejarah dan eksistensi peradilan agama sejak masuknya agama Islam ke Indonesia.  Hukum Islam telah dilaksanakan pada berbagai kerajaan Islam yang ada di nusantara, jauh sebelum NKRI berdiri. Peranan dan kontribusi peradilan agama dalam pembangunan sistem hukum nasional sangat jelas dan tidak dapat diabaikan. “Oleh karena itu pengadilan agama harus menjadi bagian dari cagar budaya nasional”, tegasnya.

Acara yang dihadiri oleh kurang lebih 125 orang ini berlangsung sampai pukul 21.30 WIB. Antusiasme para peserta nampak dengan memperhatikan pembinaan Tuaka dan mengajukan berbagai pertanyaan. Sayang tidak semua keinginan peserta dapat dilayani karena keterbatasan waktu. (Why)


Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Semarang Kelas I.A

location icon 1 Jl. Uripsumoharjo No. 5 Semarang

location icon Kota Semarang - Jawa Tengah

phone icon Telp: (024) 7606741

Fax icon Fax: (024) 7622887

Communication email blue icon Email : pasmg6@gmail.com

Peta Lokasi