Kunjungan Studi Banding SMK Negeri 11 Semarang ke Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang

Kunjungan Study Lapangan SMKN 11 Semarang ke Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang

 

Jum’at, 15 Desember 2017 Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang mendapat kunjungan dari Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 11 Semarang. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka Study Lapangan berdasarkan surat permohonan Nomor : 800/1209/2017 tanggal 17 November 2017. Acara tersebut diadakan di Ruang Tunggu Sidang sekitar pukul 08.00 WIB dan diikuti sebanyak 279 murid dari kelas XII Jurusan Desain Grafika dan Multimedia.

 

Acara dibuka oleh Ketua Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang, Drs. H. Anis Fuadz, S.H., setelah beliau membuka Rapat Dinas yang diadakan di Ruang Aula sekitar pukul 07.30 WIB. Dalam sambutannya, Drs. H. Anis Fuadz, S.H., mengucapkan selamat datang para murid serta guru SMKN 11 Semarang dan terimakasih atas kunjungan yang dilakukan dalam rangka Study Lapangan di Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang. Menimba ilmu sekecil apapun, sesempit apapun akan bermanfaat di masa depan. Pesan yang disampaikan beliau kepada murid SMKN 11 Semarang diakhir sambutan yakni boleh menimba ilmu di Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang tetapi jangan sampai berperkara di Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang.

 

Setelah sambutan dari Drs. H. Anis Fuadz, S.H., dilanjutkan dengan sosialisasi yang dipaparkan oleh Drs. H. Mashudi, M.H., Hakim Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang. Sosialisasi yang diberikan tentang:

1.  Pengertian Hukum Normatif dan Hukum Positif.

2.  Pembagian Kekuasaan Negara dalam rangka menjalankan hukum positif dibagi menjadi 3, yaitu : Legislatif, Eksekutif, dan Yudikatif.

3.  Pelaku Kekuasaan Kehakiman berdasarkan Pasal 18 UU No. 48 Tahun 2009, yakni : Mahkamah Konstitusi dan Mahkamah Agung.

4.  Kompetensi Pengadilan Agama yang terdiri dari Kompetensi Absolut (Pasal 49 UU No. 7 Tahun 1989 & Pasal 49 UU No. 3 Tahun 2006) dan Kompetensi Relatif (secara umum Pasal 118 HIR & khusus perceraian Pasal 66 & 73 UU No. 7 Tahun 1989).

5.  Mekanisme Berperkara di Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang.

 

Adapun relevansi kunjungan studi lapangan yang dilakukan oleh SMKN 11 Semarang ke Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan Hukum Perkawinan di Pengadilan Agama Kelas I-A Semarang, dikarenakan terdapat Mata Pelajaran tentang Hukum Perkawinan (Munakahat) di sekolah tersebut. Diakhir acara guru pembimbing, Drs. Aswan, M.Si mengucapkan terimakasih atas ilmu dan pengalaman yang telah diberikan kepada para murid SMKN 11 Semarang supaya ke depannya dapat bermanfaat.

Kontak Kami

Telp : +6224-7606741

Fax : +6224-7622887

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it. 
http://pa-semarang.go.id/