logo

 

 

Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Semarang

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama Semarang bisa mewujudkan cita-cita untuk launching Website Resmi Pengadilan Agama Semarang dengan alamat www.pa-semarang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan serta memberikan informasi kepada para pencari keadilan.

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan
Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sarana agar masyarakat pencari keadilan dapat mengawasi secara langsung pejabat Mahkamah Agung beserta jajaran di bawah naungan Mahkamah Agung RI serta terbukanya akses bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan di pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara Online, Pembayaran secara Online, dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik (PERMENPANRB No. 52 Tahun 2014). Pengadilan Agama Semarang menjadi salah satu unit kerja penerima apresiasi dan penganugerahan ZI.
Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani, dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

LANTIK PEGAWAI NEGERI SIPIL DAN HAKIM, BEGINI PESAN KA PA SEMARANG

Rabu, 22 April 2020 siang, dua CPNS dilantik menjadi PNS bersamaan dengan dilantiknya seorang HPA Bekasi yang dipindahtugaskan menjadi HPA Semarang dan pelepasan seorang HPA Semarang menjadi HPA Bekasi. Dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19, pelantikan berlangsung tertib.

Pelantikan HPA Drs. Jazilin, M.H. yang merupakan acara pertama dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan oleh H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M., Pelantikan Hakim oleh Ketua Pengadilan Agama Semarang, Drs. H. Anis Fuadz, S.H., kemudian pembacaan serta penandatanganan Pakta Integritas oleh pejabat yang baru dilantik. Ditegaskan oleh Ketua PA Semarang, Pakta Integritas merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan di PA Semarang yang telah berpredikat WBK.

“Selamat datang di PA Semarang, mohon agar segera dapat menyesuaikan diri, serta selamat atas pelantikan dan telah membacakan Pakta Integritas. Pembacaan Pakta Integritas ini sangat penting dan bukan bermaksud su’udzon, namun lebih kepada untuk menjadi pengingat agar dapat membatasi diri melakukan hal yang ‘menyimpang’, terlebih PA Semarang telah mendapat predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK), mohon agar dapat turut menjaganya”, ujar Ketua PA Semarang.

Beliau juga memohon maaf karena adanya pandemi Covid-19 mengakibatkan dibatasinya rekan dari PA Bekasi untuk mengantar Drs. Jazilin, M.H. ke tempat tugas barunya, namun beliau mempersilakan PA Bekasi mengikuti acara pelantikan yang dilaksanakan di aula PA Semarang secara daring.

Disusul acara ke-2 yakni Pengambilan Sumpah PNS dan Penandatanganan Berita Acara Sumpah dengan Saksi Munfaati, S.H. dan Nur Suryani Siwi, S.Ag. serta Rohaniwan Saefudin, S.H., CPNS Kartika Rachmawati, S.H. dan Neny Ramdhani, S.Sos. melaksanakan setiap tahapan pelantikan dengan khidmat dan serius hingga sah menjadi PNS dengan jabatan Analis Perkara Peradilan dan Analis Kepegawaian Pertama.

Dalam sambutannya, Ketua PA Semarang mengucapkan selamat atas Pengambilan Sumpah PNS ini dan mengingatkan untuk harus sangat bersyukur karena di tengah banyaknya terjadi Pemutusan Hubungan Kerja dan orang yang kehilangan mata pencaharian akibat pandemi ini, mereka telah resmi dilantik menjadi PNS.

“Semoga menjadi awal yang baik berkarya di Pengadilan Agama, jangan putus asa, semangat untuk dapat belajar di semua aspek harus tetap tinggi. Jangan sekali-kali menolak jika diberi tugas, anggap semua adalah pembelajaran yang akan bermanfaat di waktunya nanti. Syukuri nikmat yang luar biasa ini dengan cara laksanakan perintah-perintah Allah dan tugas yang diberikan”, tutup beliau.

Sementara kepada Drs. H. Syukur, M.H. yang dipindahtugas ke PA Jakarta Barat, Ketua PA Semarang berterima kasih atas segenap ilmu dan tenaga yang telah dicurahkan untuk ikut andil dalam kemajuan PA Semarang serta mendo’akan agar beliau senantiasa diberi kesehatan dan semangat untuk bertugas di satker baru. (Zf/NKarim)

 


Slider

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Semarang Klas I A

location icon 1 Jl. Urip Sumoharjo No. 5 Semarang - 50152

location icon Kota Semarang - Jawa Tengah

phone icon Telp: (024) 7606741

Fax icon Fax: (024) 7622887

Communication email blue icon Email : pasmg6@gmail.com

Peta Lokasi