logo

 

 

Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Semarang

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama Semarang bisa mewujudkan cita-cita untuk launching Website Resmi Pengadilan Agama Semarang dengan alamat www.pa-semarang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan serta memberikan informasi kepada para pencari keadilan.

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan
Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sarana agar masyarakat pencari keadilan dapat mengawasi secara langsung pejabat Mahkamah Agung beserta jajaran di bawah naungan Mahkamah Agung RI serta terbukanya akses bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan di pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara Online, Pembayaran secara Online, dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik (PERMENPANRB No. 52 Tahun 2014). Pengadilan Agama Semarang menjadi salah satu unit kerja penerima apresiasi dan penganugerahan ZI.
Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani, dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

PUBLIKASI PUTUSAN PA SEMARANG TAHUN 2016 S.D. 2020 CAPAI 100%, POSISI KE-13 NASIONAL

Sebagaimana diketahui bahwa Badilag sebagai institusi yang membidangi bagian administrasi peradilan agama menerapkan kebijakan yang harus dipatuhi oleh PTA dan PA seluruh Indonesia agar mempublikasikan semua putusan terhadap perkara yang putus mulai tahun 2016 s.d. 2020 ke Direktori Putusan Mahkamah Agung RI. Hal ini kemudian dijadikan penilaian oleh Badilag yang disampaikan secara kontinyu melalui situs website resminya setiap hari Jum’at dan PA Semarang menyikapi kebijakan ini dengan berupaya sungguh-sungguh mempublikasikan putusan dalam rentang waktu dimaksud. Ini bukan pekerjaan ringan mengingat perkara yang ditangani oleh PA Semarang cukup banyak dan dalam mempublikasikan putusan-putusan tersebut harus menyesuaikan nomenklatur nomor perkara pada SIPP yang berbeda dengan Direktori Putusan. Seperti diketahui bahwa setelah diluncurkan Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP), untuk masuk ke Direktori Putusan tidak bisa secara langsung melainkan harus melalui SIPP terlebih dahulu, sehingga harus mengikuti ketentuan di SIPP, termasuk urusan nomenklatur.

Wakil Ketua PA Semarang, Drs. H. Muhamad Camuda, M.H. menyampaikan bahwa kendala lain selain harus mengubah penamaan nomor perkara semua putusan yang telah dipublikasikan ke Direktori Putusan sebelum era SIPP adalah tidak terdeteksinya putusan pada Direktori Putusan, padahal telah diunggah melalui SIPP. Hal ini membutuhkan penanganan ekstra yakni dengan mengecek ulang putusan-putusan tersebut melalui Sistem Informasi Tata Laksana (SIMTALAK) Badilag.

“Dikatakan terpublikasi jika pada SIMTALAK tidak lagi ada daftar putusan yang belum atau gagal diinput. Ini harus senantiasa dikontrol supaya benar-benar terdeteksi sebagai putusan yang terpublikasi”, terangnya.

Segala sesuatu yang terasa sulit bukan berarti tidak mungkin berhasil jika ada komitmen sungguh-sungguh. Kerja keras semua elemen terkait yang dimotori oleh Wakil Ketua PA Semarang  akhirnya membuahkan hasil baik. Dengan bukti fisik evaluasi mingguan yang dituang dalam bentuk Rapor Kinerja Penanganan Perkara Berdasarkan SIPP dan Publikasi Putusan Periode 12 Juni 2020, PA Semarang termasuk dalam satker yang memperoleh predikat "Ranking I" di posisi ke-13 Nasional karena berada dalam kategori Zona Hijau dengan persentase publikasi 100 % (https://drive.google.com/file/d/1TyjkVJ7xeTiZ2jcdkmMr7zq3XCJvz1Al/view)

“Alhamdulillah kita telah mencapai Zona Hijau dari yang sebelumnya di Zona Kuning. Ini harus dipertahankan dan terus ditingkatkan capaian prestasinya karena jika lengah, bisa tergeser dengan satker lain,” ujar beliau. (Zf/NKarim)


Slider

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Semarang Klas I A

location icon 1 Jl. Urip Sumoharjo No. 5 Semarang - 50152

location icon Kota Semarang - Jawa Tengah

phone icon Telp: (024) 7606741

Fax icon Fax: (024) 7622887

Communication email blue icon Email : pasmg6@gmail.com

Peta Lokasi