logo

 

 

Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Semarang

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama Semarang bisa mewujudkan cita-cita untuk launching Website Resmi Pengadilan Agama Semarang dengan alamat www.pa-semarang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan serta memberikan informasi kepada para pencari keadilan.

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan
Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sarana agar masyarakat pencari keadilan dapat mengawasi secara langsung pejabat Mahkamah Agung beserta jajaran di bawah naungan Mahkamah Agung RI serta terbukanya akses bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan di pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara Online, Pembayaran secara Online, dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik (PERMENPANRB No. 52 Tahun 2014). Pengadilan Agama Semarang menjadi salah satu unit kerja penerima apresiasi dan penganugerahan ZI.
Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani, dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

LANTIK KASUBBAG UMUM DAN KEUANGAN BARU, KETUA PA SEMARANG: “KELAK HARUS INGAT DIANTAR PEJABAT TERAS”

Rabu, 29 Juli 2020 bertepatan dengan 8 Dzulhijjah 1441, Ketua Pengadilan Agama Semarang melantik Ade Husnul Khotimah Hasan, S.E. sebagai Kasubbag Umum dan Keuangan Pengadilan Agama Semarang. Pelantikan tersebut diselenggarakan di aula Pengadilan Agama Semarang yang pada pukul 13.30 WIB mulai nampak penuh dengan hadirin dan tamu undangan. Turut hadir Ketua, Wakil Ketua, Panitera, dan Sekretaris serta para Kasubbag Pengadilan Agama Ambarawa yang mengantar Ibu Ade mengemban amanah barunya.

Acara diawali dengan bacaan basmalah agar berjalan lancar dan mendatangkan berkah bagi seluruh hadirin. Beberapa saat kemudian, seluruh hadirin menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung. Setelah itu, Pembacaan Petikan Surat Keputusan Sekretaris Mahkamah Agung RI oleh bendahara pengeluaran Sdri. Ellita Astarina, S.E.

Masuk ke acara inti, yakni Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan oleh Ketua Pengadilan Agama Semarang, menjadi semakin khidmat karena lagu Bagimu Negeri mengalun begitu naskah pelantikan selesai diucapkan. Panmud Hukum Saefudin, S.H selaku rohaniwan serta Kasubbag Perencanaan, TI, dan Pelaporan Munfaati, S.H. dan Panitera Pengganti Nur Suryani Siwi, S.Ag yang menjadi saksi kemudian menempatkan diri ketika pengambilan sumpah jabatan.

Berita Acara Sumpah Jabatan kemudian ditandatangani dan seperti pejabat lain yang dilantik, Ibu Ade kemudian membacakan Pakta Integritas lalu memperkenalkan diri di hadapan hadirin dengan menceritakan perjalanan karir beliau di bawah Instansi Mahkamah Agung dari mulai CPNS hingga menjabat posisi baru di PA Semarang mulai hari ini.

Dalam sambutan Ketua Pengadilan Agama Semarang, Drs. H. Anis Fuadz, S.H. menyampaikan selamat atas amanah baru yang kini diemban Ibu Ade. Beliau juga berharap PA Semarang dapat lebih baik dalam wilayah Umum-Keuangan dengan hadirnya Ibu Ade.

Lebih lanjut, Ketua PA Semarang mengutarakan belum pernah berada di satu satker dengan Ibu Ade namun kesan pertama beliau ketika berjumpa, sosok Ade Husnul Khotimah Hasan, S.E. adalah seorang yang gesit, energik, bersemangat, bahkan agresif. Ini merupakan modal yang cukup untuk menjalankan amanah sebagai Kasubbag Umum dan Keuangan yang memang menuntut lebih banyak di lapangan dari pada di belakang meja.

“Ini jika dipersentasekan antara di lapangan dan di belakang meja, perbandingannya adalah 70:30. Posisi Umum dan Keuangan tidak akan berhasil jika SDMnya pasif, harus kerja keras. Maka jika suatu saat nanti hendak bersikap santai, harus selalu ingat bahwa ‘ketika dilantik saya diantar para pejabat teras dari PA Ambarawa. Artinya Bu Ade sudah mempunyai reputasi yang baik. Oleh karenanya dengan mutasi ke PA Semarang, reputasi itu harus dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan bekerja sama dengan segenap aparatur PA Semarang agar ke depan lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat’,” tutur Anis.

Beliau juga kemudian mengenalkan pada Ibu Ade bahwa dalam rangka pembinaan di bidang manajemen, Ketua PA Semarang tidaklah sentralistik dalam mengambil kebijaksanaan. Ketua PA Semarang memberi kewenangan penuh terhadap wilayah Kepaniteraan dan Kesekretariatan kepada Panitera dan Sekretaris untuk diatur sedemikian rupa demi terwujudnya visi Pengadilan Agama Semarang asal tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku.

“Dituntut berada di lapangan lebih banyak tidak lantas disikapi dengan mengesampingkan posisi ‘keuangan’ yang juga tidak boleh mundur dari kemajuan yang telah dicapai selama ini,” tambah Ketua PA Semarang.

Teriring bacaan hamdalah, acara ditutup dengan foto bersama dan pemberian ucapan selamat kepada pejabat yang telah dilantik dan diambil sumpah diawali oleh Ketua PA Semarang dan diikuti oleh seluruh hadirin. (Why/NKarim)


Slider

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Semarang Klas I A

location icon 1 Jl. Urip Sumoharjo No. 5 Semarang - 50152

location icon Kota Semarang - Jawa Tengah

phone icon Telp: (024) 7606741

Fax icon Fax: (024) 7622887

Communication email blue icon Email : pasmg6@gmail.com

Peta Lokasi