Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang Powered By GSpeech
  Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
 

 

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan
Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sarana agar masyarakat pencari keadilan dapat mengawasi secara langsung pejabat Mahkamah Agung beserta jajaran di bawah naungan Mahkamah Agung RI serta terbukanya akses bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan di pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara Online, Pembayaran secara Online, dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik (PERMENPANRB No. 52 Tahun 2014). Pengadilan Agama Semarang menjadi salah satu unit kerja penerima apresiasi dan penganugerahan ZI.
Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani, dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

WARGA PERADILAN AGAMA SELURUH INDONESIA MEMULAI HARI KERJA PADA MALAM SENIN

WARGA PERADILAN AGAMA SELURUH INDONESIA MEMULAI HARI KERJA PADA MALAM SENIN

Semarang, (13-3-2022) Tidak seperti hari biasanya, pada Malam Senin, suasana kantor PA Semarang keliatan ramai dan terang benderang, ternyata seluruh Hakim dan Pegawai datang ke kantor PA Semarang walaupun jam masih menunjukkan pukul 18.00 Wib. Hal ini menunjukkan bahwa seluruh aparatur PA Semarang mempunyai sikap Loyalitas tanpa batas.  Sebagaimana informasi yang didapat redaksi www.pa-semarang.go.id, bahwa hanya beberapa orang saja yang tidak hadir karena alasan kepentingan yang tidak dapat ditinggalkan.

Pada malam itu Ketua, Wakil Ketua, Hakim, Panitera, Sekretaris dan seluruh aparatur Pengadilan Agama SemarangPengadilan Agama Semarang hadir secara daring dalam acara Rapat Koordinasi Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung Republik Indonesia Tahun 2022 dari ruang Media Center Pengadilan Agama Semarang. Rapat Koordinasi Badilag ini dihadiri oleh Ketua Mahkamah Agung RI, Ketua Kamar, Panitera dan Sekretaris Mahkamah Agung RI, Pejabat Eselon I, Perwakilan Family Court of Australia, Pengadilan Tingkat Banding secara luring dan Pengadilan Tingkat Pertama Se- Indonesia secara daring.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Jendral Badan Peradilan Agama, ACO NUR dalam laporannya menyampaikan bahwa dalam kegiatan Rakor  Badilag  ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh badilag bersama ketua kamar Agama dan Pengadilan Tinggi Agama. Dalam Rakor badilag ini, akan dibuat 3 komisi yaitu Yudisial, Kepaniteraan dan Kesekretariatan, yang mana hasil rapat ini akan dirumuskan menjadi program kerja Badilag tahun 2022, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penyerahan penghargaan MURI yang diberikan oleh Museum Rekor Muri Indonesia.

Dan pada saat yang bersamaan dilakukan juga launching aplikasi SIMTEPA dan ACO oleh Ketua Mahkamah Agung. SIMTEPA yang dibangun Badilag sebagai pendukung aplikasi SIKEP yang dirancang untuk mempercepat proses pengiriman SK Mutasi dan Promosi , dan juga melauncing aplikasi ACO ( Acces CCTV Online) yang semula 4 titik ,kini menjadi 9 titik, ini merupakan wujud transparasi,pengawasan dan memonitoring kinerja terhadap integritas, dan mutu pelayanan. Dengan adanya aplikasi ACO ini diharapkan bisa mengawasi tingkah laku aparatur peradilan untuk menghindari praktek gratifikasi, pungli dan calo perkara di Pengadilan. Acara rakor ini juga dilakukan  penyerahan sertifikat bagi Pengadilan Agama yang berprestasi.

Pada Pembinaannya Ketua Mahkamah Agung menyampaikan “bahwa pemanfaatan teknologi informasi berperan penting dalam mewujudkan  peradilan sederhana, cepat, biaya ringan, selaras dengan visi Mahkamah Agung, Badilag gencar dalam melakukan pembaharuan,baik dari sisi Administrasi perkara maupun umum,” dalam catatan saya badilag telah menjadi pioneer dalam perubahan peradilan yang diakui tidak hanya di tingkat nasional tetapi juga diakui ditingkat Internasional, bahkan badilag telah meraih beberapa penghargaan seperti satu-satunya eselon I di MA yang meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), bahkan pada akhir tahun 2021 yang lalu Badilag meraih penghargaan sebagai Top Digital Award 2021 bintang 4 dan Top Leader on Digital 2021  Bintang 5 dan pelopor perubahan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Mahkamah Agung RI tahun 2021 ( H ACO NUR) dari panrb

Acara yang berakhir hingga pukul 22.00 Wib tetap diikuti dengan semangat walaupun tidak pada hari kerja dan dilaksanakan pada malam hari.

 

 

 


Slider
Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech