Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang Powered By GSpeech
  Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech
 

 

Refleksi Tanggung Jawab Dari Sebuah Kritikan Menjadi Materi Pada Bimbingan Mental Kali Ini | (07/02/2024)

Posted in Berita Seputar Pengadilan

Refleksi Tanggung Jawab Dari Sebuah Kritikan Menjadi Materi Pada Bimbingan Mental Kali Ini

 

Semarang || pa-semarang.go.id

Dr. Drs. H. Hasim, M.H. menjadi pembicara pada pembinaan mental pada hari Rabu 7 Febuari 2024 bertempat di Musholla Al- Ishlah. Seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Semarang. Pada pembinaan kali ini beliau menyampaikan beberapa ayat Al Quran diantaranya Al- Baqarah ayat 30 :

وَإِذْ قَالَ رَبُّكَ لِلْمَلَٰٓئِكَةِ إِنِّى جَاعِلٌ فِى ٱلْأَرْضِ خَلِيفَةً ۖ قَالُوٓا۟ أَتَجْعَلُ فِيهَا مَن يُفْسِدُ فِيهَا وَيَسْفِكُ ٱلدِّمَآءَ وَنَحْنُ نُسَبِّحُ بِحَمْدِكَ وَنُقَدِّسُ لَكَ ۖ قَالَ إِنِّىٓ أَعْلَمُ مَا لَا تَعْلَمُونَ

Artinya: Ingatlah ketika Tuhanmu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Tuhan berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui".

Diceritakan malaikat melakukan protes kepada Allah SWT, karena Allah SWT menciptakan makhluk yang suka membuat kerusakan padahal malaikat merupakan makhluk yang taat kepada Allah SWT. Lalu Allah SWT menjawab Dia akan menciptakan manusia untuk ditempatkan di muka bumi secara silih berganti sebagai khalifah di bumi.

Selanjutnya beliau juga menyampaikan Ayat Al- Baqarah Ayat 31 :

 وَعَلَّمَ اٰدَمَ الْاَسْمَاۤءَ كُلَّهَا ثُمَّ عَرَضَهُمْ عَلَى الْمَلٰۤىِٕكَةِ فَقَالَ اَنْۢبِـُٔوْنِيْ بِاَسْمَاۤءِ هٰٓؤُلَاۤءِ اِنْ كُنْتُمْ صٰدِقِيْنَ

Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) seluruhnya, kemudian Dia memperlihatkannya kepada para malaikat, seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama-nama (benda) ini jika kamu benar!”.

Diakhir kegiatan Dr. Drs. H. Hasim, M.H. menyampaikan bahwasannya kita sebagai seorang pegawai harus mau menerima kritik, teguran dan perintah dari Atasan karena mereka sebagai orang tua kita di tempat kerja. Semoga dengan adanya bimbingan mental kali ini dapat menjadi berkah kepada seluruh Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Semarang.

 


Slider
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech