Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang Powered By GSpeech
  Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech

Golongan Manusia Yang Paling Awal Masuk Surga | (2/4/2024)

Posted in Berita Seputar Pengadilan

Golongan Manusia Yang Paling Awal Masuk Surga

Semarang || pa-semarang.go.id

Selasa 2 April 2024 telah dilaksanakan kultum serta sholat duhur berjamaah. Abdul Basir, S.Ag.,S.H., menjadi pembicara pada kultum kali ini. Dalam kultumnya beliau menyampaikan mengenai “Golongan Umat Yang Paling Awal Masuk Surga”. Ada  4 golongan orang yang berdiri di depan pintu surga. Mereka berebut siapa yang merasa berhak terlebih dulu masuk surga. Keempat golongan orang itu adalah orang wafat karena berjihad, seorang dermawan, seorang haji dengan gelar mabrur dan seorang ulama.

Penjelasannya ada di kitab Durratun Nasihin karya Assyekh Utsman bin Hasan bin Ahmad Assyakir Al-Hubiri tepatnya di halaman 16. Bahkan Allah SWT ikut menyelesaikan masalah tersebut. Akhirnya pertama kali yang ditanya oleh Malaikat Jibril adalah orang yang mati syahid. “Apa yang engkau kerjakan di dunia semasih hidup sehingga merasa berhak masuk surga terlebih awal?”“Saya terbunuh dalam peperangan demi membela agama kemudian Malaikat Jibril justru balik bertanya, darimana informasi yang menyebutkan bahwa orang syahid berhak masuk surga? Ternyata yang bersangkutan menjawab bahwasanya penjelasan tersebut didapat dari gurunya kala masih di dunia. “Tidakkah engkau malu kepada orang yang menyampaikan kabar ini? Kamu tidak sopan dan sebaiknya mundur lantaran tidak berhak masuk surga lebih awal,” jawab Jibril.

Orang kedua yang ditanya adalah haji mabrur, dengan pertanyaan yang sama seperti di awal. Ternyata jawabannyapun sama dengan jawaban orang yang mati syahid. Orang ketiga golongan kaya nan dermawan mendapat pertanyaan yang sama dan jawaban yang sama pula. Karena mendengar jawaban dari ketiga golongan tersebut malaikat Jibril mempersilahkan alim ulama untuk langsung masuk ke surge namun golongan alim ini justru menolak “Saya hanya menyampaikan ilmu Allah, dan saya tidak ada artinya kalau tanpa kedermawanan dan kebaikan orang kaya,” jelasnya. Sejumlah dialog ini akhirnya disampaikan kepada Allah SWT. Allah memerintahkan kepada Malaikat Ridwan untuk membuka pintu surga dan mempersilahkan orang kaya dermawan untuk masuk surga lebih awal, serta disusul ketiga golongan setelahnya, bahwa peran orang kaya yang disertai dengan sifat dermawan sangat dibutuhkan.

Semoga apa yang disampaikan beliau dapat menjadi manfaat bagi seluruh pegawai Pengadilan Agama Semarang.


Slider
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech