logo

 

 

Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Semarang

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama Semarang bisa mewujudkan cita-cita untuk launching Website Resmi Pengadilan Agama Semarang dengan alamat www.pa-semarang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan serta memberikan informasi kepada para pencari keadilan.

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan
Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sarana agar masyarakat pencari keadilan dapat mengawasi secara langsung pejabat Mahkamah Agung beserta jajaran di bawah naungan Mahkamah Agung RI serta terbukanya akses bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan di pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara Online, Pembayaran secara Online, dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik (PERMENPANRB No. 52 Tahun 2014). Pengadilan Agama Semarang menjadi salah satu unit kerja penerima apresiasi dan penganugerahan ZI.
Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani, dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

PENGADILAN AGAMA WONOSARI JADIKAN PENGADILAN AGAMA SEMARANG BAROMETER PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS

Sebagaimana diketahui, Pengadilan Agama Semarang termasuk ke dalam salah satu dari 63 Unit Kerja Pengadilan penerima predikat “Zona Integritas” menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2019 dan satu-satunya Pengadilan Agama di Jawa Tengah peraih predikat itu. Prestasi tersebut menjadikan sejumlah pengadilan agama di Jawa Tengah menunjuk Pengadilan Agama Semarang sebagai barometer dalam Pembangunan Zona Integritas dengan melakukan visitasi studi banding. Adalah Ketua Pengadilan Agama Wonosari, yang menyusul Pengadilan Agama Banjarnegara, Purwokerto, dan Banyumas mengajukan permohonan Studi Banding mengenai Zona Integritas melalui surat Nomor W12-A4/864/HM.01.1/III/2020 tanggal 02 Maret 2020 kepada Ketua Pengadilan Agama Semarang.

Segenap pembelajar dari PA Wonosari yang terdiri dari Ketua; Hakim; Panitera beserta wakilnya; Sekretaris; Panmud Gugatan; Kasubbag Perencanaan, Teknologi Informasi, dan Pelaporan; Kasubbag Umum dan Keuangan; Kasubbag Kepegawaian dan Ortala; dan Staf IT tampak bersungguh-sungguh menyerap ilmu yang dipaparkan oleh pemateri demi dapat mengimplementasikan Pembangunan Zona Integritas di satuan kerjanya.

Bertindak sebagai pemateri dalam studi banding yang dilaksanakan pada hari Kamis, 05 Maret 2020 pukul 09.00 WIB tersebut, Drs. H. Muhamad Camuda, M.H. selaku Ketua Tim Pembangunan Zona Integritas menyampaikan bahwa ada dua tahapan dalam meraih Zona Integritas, yaitu pertama Wilayah Bebas Korupsi (WBK) di dalam pelaksanaannya diibaratkan sebagai bentuk bersih-bersih elemen yang ada, bersih dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN), sehingga pada level ini diharapkan kita mengumumkan kepada masyarakat luas bahwa kita sedang membangun Zona Integritas. Kemudian, tahap ke-2 adalah menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), yaitu pelayanan yang prima kepada masyarakat dalam bentuk inovasi-inovasi dan terobosan dalam pelayanan.

H. Zulfikar Arif Rahman Purba, S.H., M.M. selaku Sekretaris Tim kemudian menambah wawasan pembelajar dengan menyampaikan modal utama satuan kerja Pengadilan Agama untuk membangun Zona Integritas, yaitu (1) Akreditasi Penjaminan Mutu yang mempunyai nilai akreditasi A Excellent, (2) Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) minimal bernilai B, (3) Menerapkan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), dan (4) Melakukan inovasi baik dalam bentuk pengembangan Teknologi Informasi juga dalam bentuk layanan yang berupa kerjasama MoU dengan lembaga lain.

Mengutip arahan dari Sekretaris Mahkamah Agung pada “Pertemuan Evaluasi Lanjutan Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di Lingkungan Mahkamah Agung dan Badan Peradilan di Bawahnya Tahun 2019” dengan seluruh pengadilan yang akan dinilai tersebut di Jakarta, Rabu-Jumat (7-9/8/2019), A.S. Pudjoharsoyo, yang juga selaku Penanggung Jawab Reformasi Mahkamah Agung/Pembangunan Zona Integritas, perolehan predikat Wilayah Bebas dari Korupsi ini merupakan barometer integritas sumber daya manusia dan kualitas prima pelayanan publik. (Zf/NKarim)


Slider

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Semarang Kelas I.A

location icon 1 Jl. Uripsumoharjo No. 5 Semarang

location icon Kota Semarang - Jawa Tengah

phone icon Telp: (024) 7606741

Fax icon Fax: (024) 7622887

Communication email blue icon Email : pasmg6@gmail.com

Peta Lokasi