logo

 

 

Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Semarang

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama Semarang bisa mewujudkan cita-cita untuk launching Website Resmi Pengadilan Agama Semarang dengan alamat www.pa-semarang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan serta memberikan informasi kepada para pencari keadilan.

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan
Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sarana agar masyarakat pencari keadilan dapat mengawasi secara langsung pejabat Mahkamah Agung beserta jajaran di bawah naungan Mahkamah Agung RI serta terbukanya akses bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan di pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara Online, Pembayaran secara Online, dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik (PERMENPANRB No. 52 Tahun 2014). Pengadilan Agama Semarang menjadi salah satu unit kerja penerima apresiasi dan penganugerahan ZI.
Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani, dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

PENGADILAN AGAMA SEMARANG LAKUKAN TINDAKAN PREVENTIF PENYEBARAN WABAH COVID-19

Pandemi Coronavirus Disease-19 yang semakin luas sebaran kasusnya di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya di Provinsi Jawa Tengah, membuat Pengadilan Agama Semarang bersikap siaga. Sebagai instansi berbasis pelayanan publik, Pengadilan Agama Semarang ikut andil dalam melakukan tindakan preventif penyebaran wabah virus Corona sebagai wujud kepedulian instansi ini akan pandemi ini.

Dengan berkirim surat permohonan ke Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Semarang dalam rangka menindaklanjuti Surat Edaran Sekretaris Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2020 Tentang Penyesuaian Sistem Kerja Hakim dan Aparatur Peradilan Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID – 19 di Lingkungan Mahkamah Agung RI dan Badan Peradilan di Bawahnya, berbuah hasil dengan dilakukannnya fogging (penyemprotan) disinfektan di lingkungan Pengadilan Agama Semarang pada hari Selasa, 24 Maret 2020 pukul 13.00 WIB oleh empat personil PMI yang juga melindungi diri dengan sejumlah Alat Pelindung Diri (APD) seperti helm, masker, baju khusus, dan sepatu boots. Fogging tersebut tidak lantas hanya dilakukan di ruang yang bersentuhan langsung dengan pelayanan publik seperti Ruang PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) dan Ruang Tunggu Sidang saja, namun juga dilakukan secara menyeluruh di setiap ruangan kerja dan lorong-lorong.

Dalam berbagai kesempatan, Drs. H. Anis Fuadz, S.H. selaku Ketua Pengadilan Agama Semarang senantiasa mengingatkan kepada aparaturnya bahwa virus ini juga merupakan ciptaan Allah Subhanahu wa Ta’ala yang tidak boleh lebih ditakuti dari pada takut kepada Allah. “Namun kita perlu bersikap waspada dan tidak menyepelekan wabah ini dengan mentaati aturan pemerintah untuk menjaga jarak (social distancing), menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga kita lakukan adalah dalam rangka maksimalnya ikhtiar yang bisa kita upayakan”, begitu tandasnya. (Why/NKarim)


Slider

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Semarang Kelas I.A

location icon 1 Jl. Uripsumoharjo No. 5 Semarang

location icon Kota Semarang - Jawa Tengah

phone icon Telp: (024) 7606741

Fax icon Fax: (024) 7622887

Communication email blue icon Email : pasmg6@gmail.com

Peta Lokasi