logo

 

 

Kata Pengantar Ketua Pengadilan Agama Semarang

Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala limpahan rahmat dan hidayahNya sehingga dengan karuniaNya Pengadilan Agama Semarang bisa mewujudkan cita-cita untuk launching Website Resmi Pengadilan Agama Semarang dengan alamat www.pa-semarang.go.id. Kami berharap semoga dengan adanya website ini bisa memberi dampak positif di masyarakat untuk memberikan akses bagi para pencari keadilan serta memberikan informasi kepada para pencari keadilan.

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan
Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sarana agar masyarakat pencari keadilan dapat mengawasi secara langsung pejabat Mahkamah Agung beserta jajaran di bawah naungan Mahkamah Agung RI serta terbukanya akses bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan di pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara Online, Pembayaran secara Online, dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik (PERMENPANRB No. 52 Tahun 2014). Pengadilan Agama Semarang menjadi salah satu unit kerja penerima apresiasi dan penganugerahan ZI.
Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani, dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

PA SEMARANG MENUJU WBBM : SEMANGAT HADIRI UNDANGAN BIMTEK PEMBANGUNAN ZONA INTEGRITAS MELALUI VIRTUAL MEETING DENGAN KEDEPUTIAN BIDANG RBKUNWAS

Mendapat giliran terakhir dari empat kelompok yang ditunjuk mengikuti bimbingan teknis Pembangunan Zona Integritas, bersama 75 satker yang terdiri dari Pengadilan Tingkat Banding dan Pertama lainnya, PA Semarang hadir dalam bimbingan teknis melalui virtual meeting dengan  materi “Strategi Meraih Predikat WBK dan WBBM dalam Pembangunan Zona Intergitas di Tengah Pandemi Covid-19” yang disampaikan oleh narasumber Asisten Deputi Pengelolaan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat pada Deputi Bidang RB Kunwas, Drs. Agus Uji Hantara, M.E.

Tidak seperti pada kelompok sebelumnya, meeting pada Rabu, 20 Mei 2020 kali ini dihadiri oleh Dirjen Badilag, Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H.

Beliau dalam sambutannya menyampaikan bahwa harus tetap semangat bertempur mewujudkan Pengadilan Tinggi Agama dan Pengadilan Agama yang excellent meski dalam pandemi Covid-19, salah satu caranya adalah bagi satker yang masuk usulan Pembangunan Zona Integritas secara kesadaran sendiri harus mempertanggungjawabkan keberaniannya ikut kompetisi, catat dan pelajari dengan baik strateginya dengan melakukan studi banding ke satker yang telah berhasil mendapat predikat Zona Integritas, kemudian mempertahankannya.

Dalam virtual meeting yang terjadwal pukul 09.00 s.d. 12.00 WIB tersebut, Dirjen Badilag berterima kasih kepada narasumber atas kesediaannya membimbing satker di lingkungan Mahkamah Agung meraih Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, terlebih narasumber merupakan salah satu pembina Zona Integritas di Menpan. Disampaikan Aco bahwa narasumber punya semangat tersendiri terhadap atensi para hadirin karena mereka punya respon yang kuat dalam mengimplementasikan kebijakan Menpan dan pemerintah. Beliau juga menyampaikan bahwa tujuan dari Zona Integritas adalah membuat organisasi mencapai tiga hal, yaitu bebas dari Korupsi, bebas dari Kolusi, dan bebas dari Nepotisme, serta bagaimana satker mengimplementasikan 6 area yang menjadi fokus Pembangunan Zona Integritas.

“Seluruh area harus benar-benar dilaksanakan dan dapat dipertanggungjawabkan, eviden terhadap kebijakan yang mendorong perubahan 6 area harus diperkuat sehingga tim penilai yang turun mengevaluasi atau melakukan pemeriksaan terhadap kualitas akan memberi nilai tinggi, khususnya survey internal dan eksternal, serta lakukan pelayanan prima agar dapat respon positif dari masyarakat. 11 aplikasi Ditjen Badilag harus diterapkan dengan baik karena nanti akan ditanyakan tim sejauh mana implementasinya. Respon dengan baik semua kebijakan Badilag”, terang Aco.

Tiba acara bimtek, Drs. Agus Uji Hantara, M.E. menyapa seluruh hadirin dengan salam dan ucapan terima kasih atas kehadiran tamu undangan, khususnya pimpinan satker.

“Hal ini penting karena salah satu kunci keberhasilan Pembangunan Zona Integritas adalah komitmen pimpinan yang nyata dalam mengawal Reformasi Birokrasi,” ujar beliau.

Ikuti virtual meeting di aula Pengadilan Agama Semarang, seluruh tim Pembangunan Zona Integritas Pengadilan Agama Semarang menyimak dengan seksama materi yang disampaikan oleh narasumber. Beliau menjelaskan bahwa dalam Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas, ada tiga hal yang harus dicapai, yaitu :

  1. Budaya Integritas Tinggi : Ini dapat tercipta manakala tidak ada lagi layanan yang “abu-abu”, seperti adanya calo dan diskriminasi.
  1. Budaya Kinerja Tinggi : Parameternya adalah capaian IKU, pengelolaan anggaran harus makin efektif dan efisien
  1. Melayani publik dengan excellent : Wujudkan pelayanan yang lebih cepat, murah, nyaman, standarnya jelas, perhatikan hospitalitynya.

Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa Zona Integritas adalah reformasi birokrasi di tingkat unit yang dapat memberikan kontribusi reformasi birokrasi di tingkat nasional, dalam hal ini Mahkamah Agung. Untuk mewujudkan sasaran reformasi birokrasi, ada tiga hal yang diturunkan dalam LKE, yaitu Sumber Daya Manusia; sistem-sistem yang dibangun dalam rangka organisasi bekerja; kondisi kantor yang harus bisa menjadi contoh gambaran kantor yang bereformasi, standar jelas, cara kerja jelas, bersih, informatif, nyaman, dan aman. (Zf/NKarim)

 


Slider

Hubungi Kami

Home Pengadilan Agama Semarang Klas I A

location icon 1 Jl. Urip Sumoharjo No. 5 Semarang - 50152

location icon Kota Semarang - Jawa Tengah

phone icon Telp: (024) 7606741

Fax icon Fax: (024) 7622887

Communication email blue icon Email : pasmg6@gmail.com

Peta Lokasi