logo

 

 

Cara Mudah Telusuri Perkara

Dengan diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Badan Peradilan Agama Nomor 0458/DjA/HM.02.3/2/2016, tanggal 11 Februari 2016 tentang Implementasi Aplikasi SIPP Versi 3.1.1 di Lingkungan Peradilan Agama. maka peran Aplikasi Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP Versi 3.1.1), selanjutnya disebut sebagai SIPP, menjadi semakin penting dan diandalkan untuk proses administrasi dan penyediaan informasi baik untuk pihak internal, maupun pihak eksternal pengadilan. Pengunjung dapat melakukan penelusuran data perkara (jadwal sidang sampai dengan putusan) melalui aplikasi ini.

Sistem Informasi Pengawasan
Mahkamah Agung Republik Indonesia

Sarana agar masyarakat pencari keadilan dapat mengawasi secara langsung pejabat Mahkamah Agung beserta jajaran di bawah naungan Mahkamah Agung RI serta terbukanya akses bagi masyarakat untuk mendapatkan keadilan di pengadilan.

e-Court Mahkamah Agung RI

Layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara Online, Pembayaran secara Online, dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.

Zona Integritas

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik (PERMENPANRB No. 52 Tahun 2014). Pengadilan Agama Semarang menjadi salah satu unit kerja penerima apresiasi dan penganugerahan ZI.
Kami berkomitmen untuk mewujudkan birokrasi yang bersih, melayani, dan bebas korupsi.

Tutorial Penyelesaian Gugatan Ekonomi Syariah

Video yang berisi tentang cara penyelesaian perkara ekonomi syariah dengan acara yang sederhana

previous arrow
next arrow
Slider

Selamat Datang di Website Resmi Pengadilan Agama Semarang | Media Informasi dan Transparansi Peradilan. "Hari ini lebih baik dari hari kemarin, hari esok lebih baik dari hari ini"

MoU dan GO-aCORONA sebagai Bentuk Inovasi Layanan Pengadilan Agama Semarang

Selasa 11 Agustus 2020 pagi, bertempat di ruang tunggu sidang, Pengadilan Agama Semarang melakukan peresmian kerja sama dengan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI), Komunitas Sahabat Difabel Semarang, dan PT Aplikasi Karya Anak Bangsa.

Acara yang dimulai pukul 08.30 tersebut dihadiri oleh Pimpinan Cabang BRI Pandanaran, Penanggung jawab Komunitas Sahabat Difabel, Manager Regional Pemasaran Jawa Tengah PT Aplikasi Karya Anak Bangsa, seluruh hakim dan pegawai Pengadilan Agama Semarang, serta disaksikan oleh masyarakat pencari keadilan sembari menunggu persidangan dimulai.

Acara dikemas dalam beberapa sesi, dimulai dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung, sambutan dari para stakeholder yang akan melakukan penandatangan MoU, Sambutan oleh Ketua Pengadilan Agama Semarang sekaligus peluncuran aplikasi terbaru Pengadilan Agama Semarang, kemudian sambutan yang mewakili Ketua Pengadilan Tinggi Agama Semarang, Drs. H. Akhmad Ahsin, S.H., M.H.

Latar belakang Perjanjian Kerjasama dengan BRI adalah terbitnya Surat SEKMA Nomor 990/SEK/OT.01.1/6/2020 tanggal 29 Juni 2020 perihal Pedoman Kerjasama Antara Pengadilan dengan Bank Mitra. Sehingga, jika selama ini pihak berperkara menerima pengembalian sisa panjar biaya perkara dalam bentuk uang tunai, setelah perjanjian kerjasama Pengadilan Agama Semarang dengan BRI ini transaksi pengembalian sisa panjar perkara dapat dilakukan secara elektronik. Dan jika pihak berperkara belum mempunyai rekening di BRI, tidak perlu khawatir dan repot karena akan dibantu dalam membuka rekening tanpa harus datang ke BRI.

Sedangkan kerjasama dengan Komunitas Sahabat Difabel Semarang adalah bentuk komitmen Pengadilan Agama Semarang yang siap menjadi instansi percontohan yang layanannya ramah kaum rentan sesuai Surat Sekretaris Mahkamah Agung RI Nomor 476/SEK/OT.01.1/3/2020 tanggal 12 Maret 2020 perihal pengusulan unit pelayanan publik (UPP) dan Unit Pelayanan Publik Ramah Disabilitas yang mana salah satunya adalah Pengadilan Agama Semarang. Agar masyarakat pencari keadilan penyandang disabilitas mendapatkan pelayanan secara prima, para petugas dari Komunitas Sahabat Difabel nantinya akan mendampingi selama menggunakan layanan Pengadilan Agama Semarang, mulai pendaftaran perkara hingga persidangan selesai. Di samping itu, masyarakat pencari keadilan penyandang tunanetra dan tunarungu juga dapat lebih mudah mengakses informasi mengenai syarat dan prosedur berperkara melalui layar android yang telah kami siapkan di ruang tunggu pelayanan. Layar khusus ini nantinya akan memberitahukan segenap informasi yang mereka akses dalam bentuk teks bersuara, selain itu juga akan disediakan informasi dalam bentuk huruf braille.

Pengadilan Agama Semarang juga menyediakan fasilitas yang memudahkan masyarakat pencari keadilan penyandang disabilitas seperti kursi roda, toilet yang didesain sesuai kebutuhan kaum disabilitas, ruang menyusui dan ruang bermain anak yang nyaman, loket prioritas beserta kursi tunggu prioritas, dan ruang tunggu sidang prioritas sebagai bentuk perhatian Pengadilan Agama Semarang kepada penyandang disabilitas pengguna layanan dan wujud keseriusan dalam menciptakan pengadilan yang inklusi, yakni pengadilan yang dapat memberikan lingkungan sosial masyarakat yang terbuka, ramah, meniadakan hambatan, dan merangkul setiap perbedaan.