Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang   Click to listen highlighted text! Selamat Datang di Website Pengadilan Agama Semarang Powered By GSpeech
  Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech

Studi Banding Pengadilan Agama Semarang Ke Pengadilan Agama Surabaya | (27/5/2024)

Posted in Berita Seputar Pengadilan

Studi Banding Pengadilan Agama Semarang Ke Pengadilan Agama Surabaya

Semarang || pa-semarang.go.id

Senin 27 Mei 2024, Pengadilan Agama Semarang melakukan kunjungan ke Pengadilan Agama Surabaya dalam rangka melakukan studi banding. Rombongan berjumlah 5 orang yang terdiri dari Ketua Pengadilan Agama Semarang Drs. H. Samarul Falah, M.H., Panitera Mun’im, S.H., Kasubbag Umum dan Keuangan Muhammad Yusuf perdana, S.H., serta Assef Awalludin, S.Kom. tenaga IT.

Adapun maksut dan tujuan studi banding ini untuk mengetahui proses bisnis dari inovasi Pengadilan Agama Surabaya yang bernama Aco Eri. Aplikasi Aco Eri merupakan sistem pendaftaran perkara e-court terintegrasi. Aplikasi itu berguna untuk memudahkan pelayanan warga yang mengajukan pelayanan di pengadilan agama, latar belakang dari terciptanya aplikasi ini yaitu pada kala pandemi covid 19 melanda, sehingga mengakibatkan pihak yang akan berperkara mengalami kesulitan untuk mendaftar karena terbatasnya gedung Pengadilan Agama Surabaya, akhirnya kala itu terciptalah inovasi tersebut yang bekerjasama dengan disdukcapil Surabaya dan Walikota Surabaya untuk memberikan pelayanan berupa pendaftaran di masing- masing kelurahan. Aplikasi tersebut yang menjadi aplikasi yang ditiru dan dimodifikasi oleh Pengadilan Agama Semarang yang berupa aplikasi Arita.

Kemudian dibahas pula mengenai Aplikasi ASTRONOT. Aplikasi Astronot merupakan Antrian Sidang Terjadwal + Ternotifikasi disingkat (ASTRONOT) adalah Antrian Sidang dikelola Tim Admin yang bertugas memasukkan Jadwal Sidang setiap hari, dengan mengambil Data dari Aplikasi Sistem Infromasi Penelusuran Perkara (SIPP), dimana antrian tersebut akan dikelompokan berdasarkan klasifikasi persidangan. Terakhir dibahas pula mengenai pemenuhan hak perempuan dan anak yang telah diterapkan di Pengadilan Agama Surabaya untuk dapat di contoh oleh Pengadilan Agama Semarang.


Slider
// //
Don't have an account yet? Register Now!

Sign in to your account

Click to listen highlighted text! Powered By GSpeech